Rabu, 12 Maret 2014

FESTIVAL MULTIMEDIA


APA ITU MULTIMEDIA?
Multimedia itu kalo dilihat dari segi etimologinya, kata “Multimedia” berasal dari kata “Multi” dan “Media”. Multi berarti banyak, dan media berarti perantara atau alat untuk menyampaikan sesuatu. Eh tapi, dilihat dari pendapat para ahli nih, bisa disimpulkan kalo multimedia itu suatu alat atau media yang di dalemnya ada kombinasi berbagai bentuk informasi gitu, seperti teks, grafik, animasi, video ataupun suara sebagai pendukung untuk menyampaikan informasi bagi audience.

Berari kalo Festival Multimedia itu suatu alat atau media yang di dalemnya ada kombinasi berbagai bentuk informasi gitu, seperti teks, grafik, animasi, video ataupun suara sebagai pendukung untuk menyampaikan informasi bagi audience dalam bentuk persaingan -_-

MULTIMEDIA......BUAT APAAN?
Udah tau di dalemnya ada kombinasi berbagai bentuk informasi gitu, kayak teks, grafik, animasi, video atau suara. Enggak bisa disangkal deh kalo multimedia udah merambah ke berbagai bidang kehidupan. Percaya enggak? Percaya dong. Misalnya nih yaa

1.Dunia Bisnis
Penggunaan multimedia dalam dunia bisnis bukan hal yang asing lagi di telinga kita. Apalagi bisnis ingin berkembang, maka penggunaan multimedia tidak bisa ditawar-tawar lagi, sebab persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat.Nahlho. Jurnalistik dan percetakan misalnya, bagian dari bisnis yang terus berbenah dalam usaha pengembangannya. Enggak mau kalah, Transportasi dan travel juga menggunakan multimedia lho. Soalnya dengan menggunakan multimedia lebih memudahkan pilot menerbangkan pesawatnya ataupun nahkoda menjalankan kapalnya. Jadwal-jadwal transportasi, khususnya penerbangan akan mudah diakses juga. Dan masih banyak lagi dalam dunia bisnis yang menggunakan multimedia.

2.Dunia Pendidikan
Pelajar khususnya, bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan, terutama berkaitan dengan pelajaran mereka. Biasanya multimedia yang berkaitan dilengkapi dengan internet. Dengan banyak data yang bisa didapatkan, tentu informasi yang mereka dapatkan semakin akurat. Dan, ini juga lebih efisien lho dibandingkan jika mereka harus observasi lapangan.Iya kan?

3.Dunia Kesehatan
Dengan multimedia, calon dokter dapat dilatih dengan melihat operasi secara nyata. Dia juga dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia terpengaruh oleh penyakit yang disebarkan oleh virus dan bakteri, sehingga bisa mengembangkan teknik untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Multimedia juga mempermudah dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien, seperti detak jantung, aliran darah, dan organ dalam lainnya.

4.Di Pemerintahan
Penerapan multimedia yang paling menonjol di pemerintahan adalah E-Government, yaitu penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. *browsing*

5.Dunia Hiburan
Dalam dunia hiburan, multimedia digunakan dalam film, music, radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik. Handphone juga semakin canggih, apalagi dilengkapi dengan internet. Kamera digital juga sudah canggih sekalipun belum dilengkapi dengan internet. Tentu ini memberikan hiburan tersendiri bagi penggunanya.

CATAT YA
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat. Salah satu bagian yang memperlihatkan secara jelas tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah masalah multimedia. Di satu sisi, perkembangan ini sangat menguntungkan manusia, tetapi di sisi lain, perkembangan ini juga bisa merugikan manusia, terutama bagi mereka yang belum siap secara mental dan kerohanian untuk menerima pengaruh dari perkembangan itu.

Jangan terdiam karena jaman terus berkembang guys Mungkin kalimat tersebut patut kita renungkan. Lihat aja apa yang ada disekitar kalian, peradaban telah begitu jauh melangkah. Jika kita masih terdiam dalam ketidaktahuan akan perkembangan jaman maka kita akan tertinggal. Terknologi diberbagai bidang telah maju pesat. Tak hanya dibidang industri aja, kesehatan, pendidikan, bahkan militer telah menggunakan teknologi yang bisa kita bilang canggih dan modern.

Multimedia seakan-akan udah kayak bagian yang enggak dapet terpisahkan dari kehidupan kita ini. Oleh karena itu, multimedia udah pasti berdampak bagi para penggunanya, terutama bagi anak-anak dan remaja.

Untuk itu kita juga harus mengimbanginya dengan SDM yang memadai dalam kehidupan sehari-hari soalnya kita akan selalu berinteraksi dengan si multimedia ini, baik dibidang ergonomics, multimedia, linguistics, social psycology, business, tecnical writing, dll.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 komentar

jadi semakin tahu ada apa saja di festival multimedia :D

Balas

mantap gan artikelnya, jadi menambah pengetahuna saya tentang esensi dari fetival multimedia itu sendiri :D

Balas